KALO denger kata radiasi tuh rasanya ngeri banget. Bulu kuduk jadi berdiri karena katanya sih berdampak besar buat kesehatan. Bahkan konon barang keseharian yang begitu dekat ama kita, yaitu handphone (HP) itupun juga mengandung radiasi dan bisa mengganggu ato berdampak masa akan datang. Kayak kanker otak, merusak mata, dan sakit kepala. Seberapa jauh kekhawatiran teman-teman soal itu?
Ternyata ada teman-teman kita yang enggak peduli ama kabar yang begituan. Seperti Dhivana Anarchia Ria Lay dari SMPN 5 Jogja. “Aku sih kalo tidur handphone pasti selalu di sebelah ku, soalnya hpnya dipakai jadi alarm dan aku enggak punya alarm yang bisa membangunkan dari tidur,” ujarnya.
Dhiva mengatakan, sebenernya dia udah tau dampak dari radiasi, tapi mau gimana lagi, keadaan yang memaksa untuk melakukan hal demikian.
Lain cerita dengan Haykal Nurani yang ternyata tipe orang yang aware banget ama dampak radiasi handphone. “Radiasi dari hp itu bisa merusak mata, terus kalo dengerin musik ato kita telepon kelamaan pasti telinga jadi panas, terkadang kepalaku pusing. Makanya, dari pengalaman itu aku enggak terlalu mau megang hp dan deket-deket terus ama hp, kecuali kalo ada urusan penting,” ungkap siswa MTs Sunan Pandanaran ini.
Haykal juga bersyukur bersekolah di sekolah yang menerapkan sistem asrama, dan para siswa dilarang megang hp. Menurut dia, dari hal kecil sebenernya sekolah mengajarkan untuk menjaga kesehatan juga, karena hp punya dampak buruk kalo sering digunakan dengan enggak bijaksana.
Renata Semara Wening dari SMP Negeri 6 Jogja punya kebiasaan lain, yaitu selalu enggak bisa hidup tanpa handphohe. Pasti ada Renata dan ada hanphone. “Aku tipe orang yang kalo bales sms ato chat itu cepet. Jadi hp selalu ada di kantong ato selalu aku pegang. Biasanya selalu aku geterin, jadi tau kalo ada apa-apa, terus kalo pas aku sedang tidur hp selalu di sebelah meja tempat tidur. Jadi aku bisa langsung kebangun missal ada telepon ato sms,” cetus Renata.
Kalo Dzaki Akhmad Dani dari SMP Negeri 2 Bantul lebih cuek lagi sama yang namanya radiasi handphone. Menurut Dzaki, dampaknya khan di masa akan datang, bukan sekarang. Jadi dia enggak ambil pusing. “Sebenernya aku tau kalo hp tuh ada radiasinya, cuman ya bodo amat deh. Mau gimana lagi kan udah terbiasa banget ditemenin handphone kalo enggak ada di deket aku kayak ada yang kurang gitu,” tegas Dani.
Ternyata masih banyak teman-teman kita yang enggak takut akan radiasi handphone. Padahal kalo kita tau dampaknya sangat bahaya loh. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik mulai sekarang jangan sering ngecharge handphone di saat tidur apalagi dekat kepala. Kalo baterai udah mau habis jangan dipakai telepon, soalnya di saat itu tingkat radiasi jadi maksimal. Terus kalo tidur sebisanya handphone dimatiin, biar enggak kena radiasi pas tidur. Dan masih banyak lagi cara untuk mencegah radiasi yang ditimbulkan oleh handphone. Nah loh….(han/man)