Saat Kebersamaan Enggak Bisa Dipertahankan


SESEORANG yang mewarnai hidup dan mungkin membuat seseorang lebih dewasa enggak selamanya bisa terus jalan berdampingan. Kadang keindahan dan kebersamaan bersama si dia itu hilang sirna begitu saja. Sehingga akhirnya si dia harus menyandang status, mantan. Meski berat tapi kata perpisahan tetap harus diucapkan, goodbye… Terimakasih mantan, aku harus move on!
Tiba-tiba kata paling horror itu harus muncul untuk diucapkan, hiiiiii…. Banyak alasan sih yang bikin kata horror itu enggak lagi seseram yang dibayangkan. Bisa karena alasan mau konsen belajar, sibuk ama tugas-tugas, sampai alasan paling ekstreem, yaitu bosen.
Nah, sekarang gimana sih cara tepat buat ngelupainnya?
Susah memang, kalo harus ngelupain orang yang udah bener-bener deket ama kita, apalagi dia udah paham banget ama kita. Farrel Asani, teman kita dari SMAN 10 Jogja juga baru merasakan hal itu. Farel baru bisa move on setelah satu tahun putus sama pacarnya. “Aku baru bisa move on setahun lebih. Ya gimana, susah sih. Yang namanya nglupain, apalagi kalo waktu pacaran kita cukup lama,” ungkap Arrel.
Harus diakui, ngelupain mantan itu gampang-gampang sulit. Terutama, buat yang jarang banget ikut kegiatan. Karena kalo enggak ada kesibukan, lebih sering ngelamun dan keinget semua kenangan yang pernah dilewati bersama. Pradiptajustru lebih cepat move on karena dia anak yang suka cari kegiatan sana sini. Menurut dia, kenangan memang perlu untuk disimpan, tapi kalo untuk terus diingat itu haram hukumnya. Soalnya justru bikin kita makin baper. “Habis putus, aku banyakin kegiatan. Ikut panitia sana-sini, siapa tau malah dapet yang baru,” cerita Aji Pradipta dari SMA Muhammadiyah 2 Jogja.
Mantan adalah orang yang bisa bikin kita belajar bagaimana lebih dewasa dalam menyelesaikan masalah. Seperti kata Syania Shabrina dari SMAN 3 Jogja, “Ya udah, kalo enggak cocok, pasti susah. Harus cari lagi yang cocok, yang baik, ya bisa dijadiin panutan buat jalanin hubungan berikutnya,”
Meski belum pernah merasakan pacaran, tapi Syania selalu mengambil sisi positif kalo putus. Katanya akan ada makna dan pelajaran baik untuk mereka berdua.
Udah jadi mantan, tapi masih deket, alias TTM (Teman Tapi Mesra,Red) justru malah nambah pikiran. Yang kaya gini justru harus dihindari. Potensi balikan mungkin ada, tapi apa kamu yakin? Ada loh pepatah bilang “Balikan ama mantan itu nantinya bakalan jatuh di masalah yang sama.”
Dan katanya, mantan terindah itu belum tentu jadi pacar terindah. Jadi, buat kamu yang abis putus, jangan sedih. Saatnya move on! Coba mulai masuk ke grup jomblo-jomblo bahagia. Karena pastinya kamu lebih punya banyak waktu untuk keluarga, teman, dan tugas-tugasmu. Bikin prestasi yang justru bikin mantan ikut bangga ama kamu. Toh, kalo emang jodoh enggak kemana, ikhlaskan, daripada menyakitkan. (val/man/ong)